LSP Pers Indonesia Lisensi BNSP RI Gelar Ujian Sertifikasi Kompetensi Wartawan Muda Reporter

SURABAYA ( Siaptv.com ) – Giat LSP Pers Indonesia yang merupakan Lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi ( BNSP ) Republik Indonesia ( RI ) bekerjasama dengan media panjinasional.net gelar ujian Sertifikasi Kompetensi Wartawan Muda Reporter.

Dan dalam program sertifikasi yang di ikuti oleh kurang lebih 100 peserta ini dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi ( TUK ) lebih tepatnya di kantor sekretariat LSP Pers Indonesia yang beralamatkan di jalan Kedung Anyar VII no.50 Sawahan Kecamatan Sawahan kota Surabaya Jawa Timur Indonesia. Senin ( 23/1/2023 ).

Sertifikasi Kompetensi Wartawan ( SKW ) di Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP melalui LSP Pers Indonesia ini mengunakan standart kompetensi kerja khusus yang sudah di regristasi Kementerian Tenaga Kerja RI dan skema yang sudah diverifikasi.Asesor dari BNSP RI Didik Sugianto
menjelaskan bahwa bagi para peserta yang mengikuti sertifikasi kompetensi wartawan ini nantinya akan mendapatkan sertifikat berlogo Garuda Pancasila yang artinya wartawan tersebut di nyatakan berkompetensi yang di akui oleh Negara.

” Namun nilai kelulusan bagi para peserta sertifikasi ini diberikan berdasarkan ujian yang menyatakan bahwa wartawan tersebut memang benar-benar kompeten di dalam menjalankan profesinya sebagai wartawan “, jelasnya

 

Disampaikan oleh Maya Sekretariat Penyelenggara Uji dari LSP Pers Indonesia bahwa LSP Pers Indonesia dalam melaksanakan ujian Sertifikasi Kompetensi Wartawan ( SKW ) berlisensi dari BNSP RI.

Pada Sertifikasi Kompetensi Wartawan ( SKW ) pada hari ini ada 4 skema yaitu Skema Wartawan Utama ( Pimred, Wapimred, Redpel ), Skema Wartawan Madya (Redaktur), Skema Wartawan Muda Reporter (Wartawan) dan Skema Wartawan Muda Kameramen.

” Adapun syarat bagi para peserta yaitu wajib melengkapi persyaratan seperti copy KTP, Copy Kartu Pers, Copy Ijazah terakhir SMA / Sederajat , Copy SKHU Perusahaan Pers , Surat pengalaman kerja minimal 1 tahun.

Selain itu para peserta juga wajib harus menyerahkan portofolio seperti copy daftar perencanaan dan topik liputan , copy bukti berita yang sudah tayang, sesuai daftar perecanaan dan daftar liputan, foto sedang meliput atau wawancara narasumber; copy daftar bukti berita hasil wawancara yang sudah tayang, copy naskah berita asli berita hasil lioutan dan copy daftar berita investigasi atau depth news yang sudah tayang ” jelasnya.

Erfan Hadi Putra wartawan Panjinasional.net dari kota Batu yang merupakan salah satu peserta Sertifikasi Kompetensi Wartawan ( SKW ) ini mengucapkan terima kasih kepada LSP Pers Indonesian dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi ( BNSP ) Republik Indonesia ( RI ) yang sudah memberikan kesempatan kepada dirinya sebagai peserta sertifikasi.

” Alhamdulillah saat uji kompetensi tadi saya dapat menjawab semua soal ujian, baik ujian tulis maupun wawancara dengan benar dan bagus.

Dan saya juga mendapatkan respon bagus dari assesor, semoga saya nanti di nyatakan berkompeten sebagai wartawan “, jelasnya.

Untuk sertifikat yang menyatakan bahwa sata berkompetensi di kewartawanan, nanti akan di berikan menunggu satu bulan setelah ujian ini.

” Semoga saya tidak sia-sia jauh-jauh dari kota Batu ke Surabaya guna mengikuti sertifikasi kompetensi wartawan muda reporter ini “, harapnya.

Erfan juga mengatakan bahwa sertifikasi kompetensi wartawan ini memang sangat penting.

” Sebenarnya bukan hanya di kewartawanan saja namun sertifikasi kompetensi ini juga sangat penting di bidang profesi lainnya seperti profesi penyedia jasa pertukangan, kelistrikan, pramuwisata, pramusaji, jasa hiburan ( entertain ) maupun di bidang profesi lainnya, karena dengan sertifikasi ini menunjukkan bahwa kita memang berkompeten di dalam menjalankan profesi kita masing-masing”, ungkapnya.

Dirinya juga bersyukur karena usai melaksanakan ujian dirinya dinyatakan berkompeten.

” Alhamdulillah saya di nyatakan berkompeten, untuk sertifikatnya nanti akan diberikan pada satu bulan hari kerja kedepan “, jelasnya.

Yang menjadi ketertarikkan saya mengikuti sertifikat kompetensi wartawan dari BNSP RI ini karena sertifikat yang akan didapatkan nanti berlogo lambang Negara yaitu logo Garuda Pancasila.

” Kedepan apabila saya masih diberi kesempatan, juga akan melanjutkan mengikuti sertifikasi kompetensi wartawan ( SKW ) skema wartawan Madya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi di kewartawanan, syukur-syukur nanti saya bisa diangkat menjadi redaktur.
“, urainya. ( Wic ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *