Guna Memperkuat Pengamanan, Lapas Kediri Perkuat Sinergi dengan Polres Kediri Kota

Kediri ( Jejakjurnalis.com ) – Kepala Lapas Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jatim beserta jajaran berkunjung ke Polres Kediri Kota. Dalam kunjungannya, hal yang diprioritaskan yaitu memperkuat sinergitas dengan Polres Kediri Kota melalui kegiatan pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakatat serta penguatan kapasitas petugas pengamanan Lapas Kelas IIA Kediri. Kegiatan silaturahmi ini diikuti oleh Kepala KPLP, Kabag Ops dan Kasat Reskrim.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri, M. Hanafi menyadari pentingnya keikutsertaan masyarakat dan instansi terkait dalam proses pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), maka dari itu Lapas Kelas IIA Kediri terus menjalin kerja sama antar instansi dan pihak ketiga. Salah satunya adalah kerja sama dengan Instansi Kepolisian Resor (Polres) Kediri Kota.

Hanafi menerangkan kegiatan tersebut penting karena keberadaan Lapas sebagai salah satu obyek vital nasional. “Kami (Lapas) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat mengingat tugas dan fungsi Lapas untuk melakukan perawatan”, ucapnya.

Ia berharap sinergi yang sudah terbangun antara Lapas Kediiri dan Polres Kediri Kota semakin memperkuat keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Kota Kediri. ”Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Polres Kediri Kota atas atensinya, yaitu diantaranya kegiatan rutin yang sangat membantu kami seperti sambang patroli ke Lapas Kediri, kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama, semoga sinergitas Lapas Kediri dengan Polres Kediri Kota terus berkesinambungan”, tambahnya.

Polres Kediri secara berkala melaksanakan patroli sambang ke Lapas Kediri. Disamping itu nantinya kita juga akan kerjasama Lapas Kediri dan Polres Kediri dalam hal teknologi CCTV. “Kedepannya, kondisi area steril Lapas sepanjang tembok luar yang terpasang CCTV bisa terhubung langsung ke layar monitor di Polres, sehingga Polres Kediri dapat mengontrol dari markas Polres Kediri setiap saat”, ujarnya.

Selain kedua hal tersebut, Lapas Kediri dan Polres Kediri juga sudah berkomunikasi perihal Alarm Otomatis, jika sewaktu-waktu Lapas Kediri membutuhkan bantuan pengamanan. “Hal ini nantinya semacam alarm pemberi peringatan, jika ada gangguan keamanan dan membutuhkan bantuan polres, maka petugas P2U cukup pencet tombol yang sudah kita pasang di pintu utama”, jelas Hanafi.

Menurutnya, hal ini memudahkan pelaksanaan kegiatan pengamanan dalam hal mendeteksi dini dan atupun dalam hal adanya gangguan keamanan di dalam Lapas.“Saya berharap dengan adanya hubungan sinergi dengan Polres Kediri maka sedini mungkin kita dapat mencegah gangguan keamanan di Lapas Kediri”, pungkasnya. ( Wic )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *